KM Tresno Bangun Asal Tegal Tenggelam di Perairan Kalimantan Tengah

MELAPORKAN KEJADIAN : Nahkoda sekaligus pemilik KM Tresno Bangun, Warso beserta istrinya ketika melaporkan kejadian ke Kantor DPC HNSI Kota Tegal.
KOTA TEGAL - Kapal Motor (KM) Tresno Bangun yang dinahkodai Warso asal Kota Tegal dengan jumlah Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 19 orang dilaporkan tenggelam di Perairan Kalimantan Tengah. Kapal tersebut tenggelam akibat dihantam gelombang besar dan cuaca buruk. 

Menurut Pengurus Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Tegal, Riswanto, kemarin, peristiwa tersebut dilaporkan pada Minggu (27/8). KM Tresno Bangun berangkat sesuai Surat Persetujuan Berlayar (SPB) pada,Jum’at (22/8). Kapal tersebut beroperasi di Perairan Kalimantan Tengah, namun setelah berencana akan kembali pulang, terjadi cuaca buruk dan gelombang besar sehingga menyebabkan kapal tenggelam. "Dengan dibantu kapal nelayan lain, nahkoda dan seluruh ABK berhasil diselamatkan," katanya. 

Dia mengemukakan, saat itu nahkoda yang sekaligus sebagai pemilik kapal berupaya menyelamatkan kapalnya dengan menggunakan alat seadanya. Namun upaya yang dilakukan tidak berhasil. "Posisi dan kondisi saat ini bangkai kapal yang tenggelam diperkirakan sudah sampai ke dasar laut dan kemungkinan besar kesulitan untuk mengangkat bangkai kapal ke permukaan laut, sehingga nahkoda dan pemilik kapal memutuskan untuk meninggalkan bangkai kapal dan kembali pulang ke Tegal," ungkapnya.

Riswanto mengatakan, setelah mendapatkan laporan tersebut, Paguyuban Nelayan Kota Tegal (PNKT) dan Pengurus DPC HNSI Kota Tegal kemudian berkoordinasi dengan instansi terkait. Antara lain, Lanal Tegal, Polres Tegal Kota, Kepala PPP, DKP Propinsi Jateng, Dirpoair Polda Jateng kemudian diteruskan berkoordinasi dengan Dirpolair Polda Kalimantan Tengah. "Akibat kejadian itu kerugian diperkirakan mencapai Rp 1,5 miliar. Pemilik kapal melalui HNSI telah melayangkan surat permohonan bantuan ke Dinas Kelautan dan Pertanian dan berharap ada perhatian dari Pemkot Tegal," katanya. (wh)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KM Tresno Bangun Asal Tegal Tenggelam di Perairan Kalimantan Tengah"

Posting Komentar