Pemkot Semarang Gelar Lomba Desain Batik Semarangan

LOMBA DESAIN : Lomba Desain Motif Batik Semarangan Kota Semarang
KOTA SEMARANG - Guna melestarikan motif batik semarangan, Pemerintah Kota Semarang akan menyelenggarakan lomba desain motif batik semarangan. Lomba yang juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari batik yang jatuh pada 2 Oktober, akan digelar pada 11 s/d 20 September 2017 mendatang.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang, Litani Satyawati menyebutkan bahwa dengan diadakannya lomba ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan kecintaan masyarakat terhadap keberadaan khasanah nusantara yang perlu untuk terus digali, khususnya di Kota Semarang melalui Motif Batik Semarang.

Lomba ini terbuka bagi seluruh masyarakat Kota Semarang baik dari kalangan pelajar, mahasiswa, praktisi dan masyarakat umum dibuktikan dengan foto copy KTP / kartu pelajar dengan menyertakan Nomor Ponsel.

Ketentuan lomba di antaranya desain motif batik dibuat secara manual (gambar tangan) atau menggunakan Aplikasi pengolah grafis komputer (CorelDraw,Photoshop,Ai). Tiap peserta dapat mengirimkan lebih dari satu karya, desain motif dapat menggambarkan potensi alam, budaya atau sesuatu yang mempunyai karakteristik khas Kota Semarang yang bisa diaplikasikan pada batik cap atau tulis.

“Desain yang dikirimkan tersebut harus orisinil atau merupakan hasil karya asli peserta, bukan tiruan dan belum pernah dipublikasikan atau dilombakan. Selain itu peserta diminta melampirkan penjelasan singkat mengenai konsep, filosofi atau makna
dari desain motif tersebut termasuk filosofi pemilihan warnanya,” tambah Litani.

Karya yang dikirimkan berupa Digital Print out ukuran A3 bewarna atau Hitam Putih atau anual gambar asli ukuran A3 media bebas bewarna atau hitam putih. Karya tersebut bisa dikirimkan langsung ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Semarang Jl.Pemuda No. 175 (Gedung Pandanaran lantai 7) Semarang.

Rencananya seleksi akan dilakuan oleh DR. Syakir Muharar (Dosen Seni Rupa UNNES), Dwi Wahyuni Kurniawati (Dosen Seni Rupa UNNES), dan Eko Haryanto (Batik Semarang
Indah) selaku tim juri. Sedangkan kriteria penilaian diantaranya desain menggambarkan Lokalitas Semarang, penguasaan Tehnis dalam Hasil Desain baik manual maupun Digital, keserasian Tema, aspek Kreatifitas Desain, Estetika, dan Totalitas Penyelesaian.

Akan dipilih 6 orang pemenang yang akan memperoleh hadiah berupa piala, sertifikat, dan uang pembinaan sebesar 4 juta rupiah untuk juara I, uang sebesar 3,5 juta rupiah
untuk juara II, uang sebesar 3 juta rupiah untuk juara 3 dan 3 orang juara
harapan masing-masing akan memperoleh 1,5 juta rupiah. (hms pemkot semarang)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pemkot Semarang Gelar Lomba Desain Batik Semarangan"

Posting Komentar