Proyek Pembangunan Jalingkut Tegal-Brebes Kembali Dilanjutkan


LEWAT JALINGKUT : Pengendara sepeda motor melewati jalan lingkar utara (Jalingkut) Tegal-Brebes yang kondisinya sudah selesai diaspal.
KOTA TEGAL - Proyek pembangunan jalan lingkar utara (jalingkut) atau by pass yang menghubungkan Kota Tegal - Kabupaten Brebes kembali dilanjutkan. Pada tahap pertama tahun 2017 pembangunan jalingkut dianggarkan sekitar Rp 25 miliar. Hal itu disampaikan Wakil Komisi III DPRD, Sutari, Selasa (5/9).

Menurut dia, saat ini kelanjutan pembangunan proyek jalingkut sudah mencapai sekitar 70 persen. Yakni di wilayah Kota Tegal mulai dari Jalan Mataram hingga pertinggaan Jalan Layang. "Kami berharap pembangunan jalingkut bisa dilanjutkan secara menyeluruh, sehingga bisa digunakan untuk pengalihan arus lalu lintas ketika terjadi kemacetan di jalur pantura Kota Tegal maupun Kabupaten Brebes," katanya. 

Sutari menegaskan, apabila jalingkut bisa difungsikan juga akan memberikan banyak manfaat, termasuk memperlancar perekonomian masyarakat dan menunjang kemajuan Kota Tegal. Terkait kelanjutan pembangunan jalingkut tersebut, Komisi III DPRD dalam waktu dekat akan mengundang Satuan Kerja (Satker) Bina Marga untuk rapat koordinasi. 

Sementara itu, anggota DPRD, Sudarso menambahkan, adanya rencana kelanjutan pembangunan proyek jalingkut, sebelumnya diperoleh ketika Komisi III DPRD melakukan konsultasi ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga beberapa waktu lalu. Untuk anggaran pembangunan disiapkan anggaran dari Pemerintah Pusat mencapai sekitar Rp 25 miliar. 

Proyek jalingkut selama ini telah mangkrak bertahun-tahun dan belum layak untuk jalur lalu lintas. Sebagian besar ruas jalan belum diaspal dan belum ada penerangan jalan yang memadai. "Dengan dilanjutkannya kembali pembangunan jalingkut akan memperlancar perekonomian masyarakat dan mengatasi kemacetan serta mengurangi angka kecelakaan di jalur pantura," katanya. (wh)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Proyek Pembangunan Jalingkut Tegal-Brebes Kembali Dilanjutkan"

Posting Komentar