Walikota Semarang Bergerak Cepat Tangani Krisis Air

KRISIS AIR - Walikota Semarang Hendrar Prihadi mendengarkan warga yang berkeluh kesah tentang krisis air saat ini.
Photo : hms pemkot semarang
KOTA SEMARANG - Kunjungan Wali Kota Semarang Hendrar  Prihadi mengawasi pengiriman air bersih di Deliksari, Gunung Pati Semarang, pada Kamis, (07/9).

Akibat dampak kemarau panjang, 300 kepala keluarga di Deliksari, Gunung Pati mengalami kesulitan air bersih. Hal ini dikarenakan sumber air bersih yang selama ini menjadi andalan warga mulai mengering.

Saat ini untuk keperluan air sehari-hari, warga hanya mengandalkan air dari sebuah sumur dengan kedalaman 6 meter.

Warga sendiri harus berantrian untuk memanfaatkan sumur tersebut, dan setiap kepala keluarga hanya bisa mendapatkan 4 jirigen air setiap 2 hari sekali. Sehingga untuk memenuhi kekurangan air, warga terpaksa membeli air dari penjual air keliling. 

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi bergerak cepat, Ada tiga upaya yang dilakukan Walikota Hendi untuk mengatasi krisis air bersih di Deliksari ini

-Yang Pertama, saat ini PDAM saya minta untuk mengirimkan bantuan tangki air bersih setiap hari semaksimal mungkin

-Yang kedua, terkait aliran air bersih dari PDAM ke Deliksari instalasi jaringannya sudah siap, dan dalam 2-3 minggu kedepan akan mulai dialiri dari Instalasi Pipa PDAM di Kaligarang (Depan Kantor PDAM Kelud).

Untuk diketahui, saat ini daerah Trangkil sudah dialiri PDAM, hanya Deliksari saja yang belum karena warga belum setuju satu suara untuk melakukan pemasangan baru.

Untuk mempermudah pemasangan baru, kebijakannya Masayrakat Berpenghasilan Rendah hanya dikenakan biaya Rp 900.000,- dan diangsur hingga 10 kali.

Serta untuk biaya perbulannya dalam  pemakaian 3-10 M3 biayanya sekitar Rp 50.000,-

-Yang ketiga, upaya lainnya yang akan dilakukan dalam jangka panjang untuk memperlancar aliran di Deliksari adalah dengan membangun SPAM Semarang Barat.

“Karena dengan membangun SPAM Semarang Barat, maka reservoir miliki PDAM di Gunungpati yang saat ini juga dialirkan ke Semarang Barat melalui reservoir Manyaran, bisa difokuskan alirannya ke daerah Gunungpati yang akan mengatasi musim kering yang bisa menyebabkan kekeringan seperti ini” ,tandasnya. (hms pemkot semarang)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Walikota Semarang Bergerak Cepat Tangani Krisis Air"

Posting Komentar